Jimmy Wales - Pendiri Wikipedia



Nama : Jimmy Donal Wales
Panggilan : Jimbo
TTL : Huntsville, Alabama, Amerika Serikat / 7 Agustus 1966
Ibu : Doris Wales
Istri : Christine Wales
Anak : Kira Wales
Nenek : Erma
Profesi : Pendiri Wikipedia, Wikia Inc., Bomis, Nupedia
Situs : blog.jimmywales.com
                 


             Jimmy merupakan anak dari pasangan Wales dan Doris. Keluarganya bukanlah termasuk keluarga yang kaya. Walaupun demikian, bagi keluarganya pendidikan adalah nomor 1. Ia dimasukkan ke sekolah yang bagus namun agak mahal. Jimmy tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia terus belajar dengan tekun dan pantang menyerah.
      
             Ketertarikan Jimmy pada dunia komputer berawal dari sekolahnya yang menyediakan fasilitas laboratorium komputer. Ia juga mulai belajar mengenai ensiklopedia. Sejak itu ia mulai memikirkan masalah pendidikan yang masih sulit dijangkau oleh masyarakat bawah. Ia ingin menciptakan situs yang berisi ilmu untuk publik. Lalu ia meneruskan sekolah di Universitas Auburn (S1) kemudian di Universitas Alabama (S2). Jimmy lalu mendapatkan gelar master dalam bidang keuangan. Setelah itu ia mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana.

            Pada tahun 1994 hingga 2000 Jimmy bekerja sebagai direktur riset Chicago Options Associates. Pada tahun 2001, asistennya yang bernama Larry Sanger mengusulkan untuk merealisasikan keinginannya untuk membuat situs yang berisi ilmu pendidikan yang gratis. Akhirnya pada tanggal 15 Januari 2001, Wikiepedia berhasil diluncurkan untuk diperiksa oleh para ahli kemudian dimasukkan ke Nupedia. Namun, perkembangan Wikipedia jauh lebih pesat dari Nupedia. Akhirnya Nupedia menjadi terbengkalai, dan Jimmy lebih memprioritaskan Wikipedia. Keinginan Jimmy akan ilmu pengetahuan yang mudah diakses terwujud juga.


            Pada tahun 2004, bersama Angela Beesley, Jimmy mendirikan Wikia Inc. (sebelumnya Wikicities) yang ditujukan untuk berbagai komunitas. Situs tersebut gratis bagi para pengunjung dan penyunting. Banyak pemodal yang begitu tertarik dengan Wikia Inc.

2 komentar:

apakah dalam mendalami ilmu komuter ada kesulitan?

apakah dalam mendalami ilmu komuter ada kesulitan?

Posting Komentar