Mark Zuckerberg - Pendiri Facebook



Nama : Mark Elliot Zuckerberg
TTL : White Plains, New York / 14 Mei 1984
Ayah : Edward Zuckerberg
Ibu : Karen Zuckerberg
Profesi : CEO, Pendiri, Presiden Facebook
Situs : www.facebook.com/MarkZuckerberg


          Sejak kecil Mark sangat tertarik dengan komputer. Dia suka mengutak-atik komputer, mencoba berbagai program komputer, dan belajar membuatnya. Ayahnya membelikannya sebuah komputer untuknya. Mark memulai pemrograman ketika ia duduk di sekolah menengah pertama. Dia diajari oleh ayahnya BASIC Programming. David Newman ditunjuk sebagai guru perangkat lunak pribadinya.

           Ia melanjutkan pendidikan formalnya di Universitas Harvard. Pada awal masuk kampus, ia dan teman-temannya tidak diberi Face Book (buku mahasiswa yang berisi foto dan identitas mahasiswa di kampus tersebut). Beberapa kali ia menawarkan untuk membuatnya, namun pihak Harvard selalu menolak permintaan Mark. Mark tidak putus asa, ia mencoba membuat direktori online bernama Facemash. Namun pihak Harvard memutus sambungan internet, dan Facemash pun gagal. Ia pantang menyerah untuk mewujudkan direktori online tersebut. Akhirnya pada tanggal 4 Februari 2004, facebook berhasil diluncurkan dari kamar asrama Harvard dengan alamat (www.thefacebook.com). Dengan adanya facebook, teman sekampusnya dapat berinteraksi, saling berkirim pesan, berbagi info dan foto secara online. Lambat laun facebook merambah ke universitas lainnya. Alamat facebook akhirnya berubah menjadi (www.facebook.com)





           Facebook mulai dilirik oleh beberapa perusahaan ternama. Seperti google, yahoo, viacom, bahkan kerajaan software Microsoft mengajukan untuk membeli facebook. Namun Microsoft hanya membeli 1,6% saham facebook dengan nilai USS 240 juta pada Oktober 2007. Banyak orang yang ingin menjadi anggota facebook. Mark yang sibuk akhirnya memutuskan keluar dari Harvard. Banyak penghargaan yang diraih Mark Zuckerberg, salah satunya sebagai The Youngest 'Self-made' Billionaire on the Planet versi Majalah Forbes tahun 2008

0 komentar:

Posting Komentar