John F. Kennedy


Nama : John Fitzgerald Kennedy
TTL : Brookline, Massachusetts / 29 Mei 1917
Istri : Jacqueline Lee Bouvier Kennedy
Agama : Katolik Roma
Almamater : Universitas Harvard

             
              John F. Kennedy atau sering dipanggil JFK sejak kecil merupakan ahli diplomasi. Setelah emndapatkan gelar sarjana dari Universitas Harvard, ia bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat.

             Dengan keberanian dan dukungan dari keluarganya (terlebih ayahnya) ia terjun ke dunia politik. Karirnya di dunia politik dimulai dengan menjadi dewan perwakilan dan Senat AS. Ketenarannya semakin memuncak setelah ia dicalonkan oleh Partai Demokrat untuk menjadi calon presiden AS. JFK berhadapan dengan capres Richard M. Nixon yang diusung Partai Republik.

             Akhirnya waktunya telah tiba. Pada hari Senin 26 September 1960, diadakan debat calon presiden AS yang terlibat didalamnya adalah JFK dan Richard M. Nixon. Diperkirakan sekitar 80 juta warga Amerika menyaksikan melalui televisi perdebatan capres AS tersengit sepanjang sejarah. Perdebatan berlangsung dengan sengit. Namun, hampir semua orang menyatakan bahwa JFK-lah yang memenangkan perdebatan tersebut.


             Waktu yang menegangkan akhirnya tiba juga. Pemilihan presiden AS pada tanggal 8 November 1960 dilaksanakan serentak. Hasil pemilu tersebut (popular vote) sangatlah tipis (hanya berbeda 0,1 %). JFK mendapatkan 34.220.984 suara (49,7 %), sedangkan Nixon mendapatkan 34.108.157 (49,6 %). Sementara pada tingkat electoral vote, Kennedy mendapatkan suara 303 suara, sedangkan Nixon hanya mendapatkan 219 suara. Dapat dipastikan pemilu tahun 1960 dimenangkan oleh JFK.
             
             JFK merupakan presiden ke 35 Amerika Serikat. Pemerintahan di masa JFK berjalan lancar. Ia menunjuk Lyndon B. Johnson sebagai wakilnya. Warga merasa damai dan sejahtera di bawah kepemimpinan JFK. Kebijaksanaannya telah mengantarkan Amerika Serikat menjadi salah satu negara adidaya yang sejahtera. Berbagai persoalan nasional maupun internasional dapat dituntaskan dengan bijak.

             Namun, kejadian yang tidak diinginkan tiba disaat presiden JFK bersama istrinya berada di mobil limusinnya. Kejadian tersebut terjadi pada hari Jumat, 22 November 1963 di Dallas pada pukul 12.30. Lee Harvey Oswald menjadi tersangka atas pembunuhan JFK. Seluruh dunia khususnya AS berduka cita atas kematiannya.

0 komentar:

Posting Komentar