Julian Assange - Pendiri Wikileaks




Nama : Julian Paul Assange
TTL : Townsville, Queensland, Australia / 3 Juli 1971
Ibu : Christine Assange
Anak : Daniel Assange
Profesi : Pendiri, Pemimpin, Juru Bicara Wikileaks


                  Julian Assange memiliki kenangan yang tidak mengenakkan saat masa kecilnya. Ibunya menikah lagi dengan seorang musisi New Age. Ia tidak mendapatkan kasih sayang oleh ayah barunya tersebut. Homeschooling sudah tidak asing lagi bagi Assange. Saat umurnya menginjak 16 tahun, ia sudah bekerja sebagai hacker. Bersama teman-temannya, ia mendirikan Internasional Subversives. Mereka "mencuri" data-data penting dari situs-situs tersebut.

                   Pada tahun 2006, Assange dan 5 temannya resmi meluncurkan Wikileaks. Namun, hanya Julian Assange-lah yang dikenali sebagai petinggi Wikileaks. Tujuan awal Wikileaks adalah untuk membongkar kelakuan perusahaan yang buruk, dan membongkar tindak pidana korupsi. Motto Wikileaks sebenarnya mulia, yaitu “Transparansi menciptakan kehidupan lebih baik bagi semua masyarakat. Pengawasan yang baik akan mengurangi korupsi dan memperkuat demokrasi di semua institusi sosial, termasuk pemerintahan, perusahaan dan organisasi lainnya,”.



                   Wikileaks merupakan situs gratis dan sukarela. Assange dkk tidak dibayar untuk situs tersebut. Melainkan dibayar oleh pengunjung situs atau diberi bantuan sukarela. Wikileaks telah berhasil membongkar kasus korupsi, keborokan perusahaan, bahkan rahasia negeri "Paman Sam" pun dibuka olehnya. Seperti rahasia mengenai perang di Irak dan Afghanistan terbeber jelas oleh Wikileaks. Ia juga berhasil mencuri data tentang penyelewengan kekusaan negara oleh pemerintah. Tindakan yang dilakukan Wikileaks sudah tentu membuat sang "korban" geram.


                   Akibatnya, Assange harus berpindah-pindah tempat bermukim. Tujuannya jelas, untuk menghindari kejaran aparat pemerintah. Bahkan, Julian Assange sudah menjadi buronan utama oleh interpol. Namun karena tindakannya membongkar kebobrokan pemerintah tersebut, Assange telah menciptakan sebuah revolusi baru di bidang transparansi media

1 komentar:

not bad :)

Posting Komentar