Michael Faraday



Nama : Michael Faraday
TTL : Newington, Inggris / 1791
Wafat : 1867, di dekat Kota London, Inggris

                        Michael Faraday sejak kecil dikenali oleh banyak orang sebagai anak yang cerdas. Walaupun berasal dari keluarga tak mampu, ia bekerja keras mendapatkan uang sambil belajar saat magang menjadi tukang jilid dan penjual buku. Meski tak memiliki latar belakang ahli bidang matematika, ia sangat ahli ilmu alam.

                        Berbagai penelitian dilakukan oleh Faraday, hingga pada tahun 1821 ia berhasil menemukan motor listrik pertama di dunia meskipun sederhana. Berawal dari dugaan skemanya yang jelas dimana kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnit sepanjang arus listrik dialirkan ke kawat. Namun kendala lain dari motor listrik sederhana ini masih menghadang. Yaitu tidak ada metode untuk menggerakkan arus listrik selain dari baterai kimiawi sederhana pada saat itu. Akhirnya pada tahun 1831, faraday menemukan bahwa bilamana magnit dilalui lewat sepotong kawat, arus akan mengalir di kawat sedangkan magnit bergerak. Keadaan ini disebut "pengaruh elektro magnetik", dan penemuan ini disebut "Hukum Faraday" dan pada umumnya dianggap penemuan Faraday yang terpenting dan terbesar.

                        Faraday juga ahli di bidang kimia. Buktinya ia juga menemukan berbagai jenis kimiawi termasuk benzene. Penyelidikan Faraday di bidang elektro kimia menghasilkan dua hukum "elektrolysis" yang penyebutannya dirangkaikan dengan namanya yang merupakan dasar dari elektro kima. Istilah-istilah di bidang itu yang dipopulerkannya antara lain : ion, anode, cathode, dan electrode.

                        Faraday jugalah yang memberi gagasan tentang garis magnetik dan garis kekuatan listrik. Faraday juga menemukan bahwa jika perpaduan dua cahaya dilewatkan melalui bidang magnit, perpaduannya akan mengalami perubahan. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara magnit dengan cahaya.

                        Walaupun ia menemukan berbagai penemuan penting di bidang listrik, kimia, dan fisika, ia tidak sombong ataupun congkak. Ia tetap hidup sederhana bersama istrinya. Ia tidak memiliki anak dari perkawinannya tersebut. Michael Faraday menghembuskan nafas terakhir pada tahun 1867 di dekat Kota London.

0 komentar:

Posting Komentar