Ken Kutaragi - Pembuat PlayStation




Nama : Ken Kutaragi
TTL : Tokyo, Jepang / 8 Agustus 1950

                 Ken Kutaragi sejak kecil selalu mendapatkan nilai 100 di setiap pelajaran di sekolahnya. Ia tergolong murid yang rajin dan pintar. Kondisi keuangan keluarganya tidak melimpah, alias sederhana. Keluarganya membangun bisnis sendiri, yaitu percetakan di pabrik kota. Hobinya sejak kecil adalah mengutak atik barang-barang mekanik. Sepulang sekolah, ia selalu menyempatkan mampir ke pabrik tersebut untuk sekedar menyalurkan hobinya dalam hal mekanik. Setelah mendapatkan gelar Insinyur Elektronika di Universitas Denki Tsushin, dengan mudahnya ia mendapat tempat di perusahaan Sony.

                  Ia terkenal sebagai problem solver yang luar biasa. Pada suatu hari, Kutaragi melihat putrinya bermain famicom. Tiba-tiba terlintas di benaknya untuk menciptakan sebuah video game. Namun keinginannya yang sudah tak tertahankan tersebut ditolak oleh Sony. Namun, Nintendo yang notabene saingan terberat Sony mencium potensi video game yang akan dibuat oleh Kutaragi. Nintendo kemudian menawarkan kepada Kutaragi untuk membuat chip SPC700 secara diam-diam. Kutaragi menerima tawaran tersebut. Namun, Sony mengetahui hasil kerja Kutaragi. Kutaragi nyaris dipecat oleh Sony jika CEO Sony tidak mengampuni. Bahkan Sony akhirnya mengijinkan Kutaragi untuk menyelesaikan pembuatan video game tersebut.


                  Lalu, Kutaragi meminta Sony membiayai riset pembuatan Super NES CD (teknologi yang diaplikasi untuk PlayStation). Awalnya para petinggi Sony menolaknya, namun lagi-lagi CEO Sony Norio Ohga mendukung pembiayaan tersebut. Akhirnya pada tahun 1990-an, Sony berhasil meluncurkan produk PlayStation. PlayStation yang awalnya diragukan mengalahkan Nintendo maupun SEGA, akhirnya dapat menjadi video game terlaris. Tak heran jika Kutaragi menjadi Presiden Sony Computer Entertainment pada tahun 1997.

1 komentar:

sangat imagenius

Posting Komentar