Michelangelo Buonarroti



Nama : Michelangelo Buonarroti
TTL : Caprese, Florence / 6 Maret 1475
Ayah : Lodovico Buonarroti

                       Michelangelo lahir di Caprese, Florence. Ia selalu disuruh oleh ayahnya menjadi saudagar bulu domba. Namun, ia bersikeras untuk menjadi seniman yang terkenal. Namun, ibunya meninggal dunia saat umurnya baru 6 tahun. Pada umur 10 tahun, ia masuk sekolah SD Florence. Namun, ia merasa bosan dan tidak tertarik dengan pelajaran yang diberikan di sekolahnya. Ia lebih suka menggambar di bukunya daripada memperhatikan gurunya.

                       Saat berumur 13 tahun, ia menjadi murid Ghirlandaio dan bersahabat baik dengan Granacci. Ia sangat rajin mendengarkan instruksi dari Ghirlandaio. Ghirlandaio-pun mengetahui bakat terpendam Michelangelo dalam bidang seni, khususnya bidang seni pahat. Akhirnya, Michelangelo dan Granacci dikirim oleh Ghirlandaio kepada Lorenzo yang notabene mantan murid Donatello (pemahat Italia abad 15) di Medici. Ia berhasil membuat patung "Madonna Of Stairs". Namun, guru terbaiknya tersebut meninggal dunia pada tahun 1492. Lalu ia meninggalkan Medici dan kembali ke kampung halamannya untuk mempelajari anatomi tubuh manusia. Di Bologna, ia membuat sebuah patung "Dewa Cinta Cupido" untuk seorang saudagar.
                
                       Michelangelo diminta oleh Uskup Rafaello Riario untuk membuat patung "Pieta". Patung ini sangat disukai oleh banyak orang. Pada tahun 1504, ia berhasil menyelesaikan patung "Daud" yang tingginya mencapai 5,2 meter dan "Perang Cascina" yang berduel dengan "Perang Anghiari" buatan Leonardo Da Vinci. Pada tahun 1505, ia merancang makam Paus Julius II yang berisi patung "Musa" dan "Tawanan". Pada Bulan Juni 1534, ayahnya yang berusia 90 tahun meninggal dunia. Pada tahun 1520 ia membangun Gereja San Lorenzo.

                        Pada tahun 1541, ia menyelesaikan "Pengadilan Terakhir". Namun, Uskup Carafa yang menjadi Paus pada tahun 1555 memerintahkan menghancurkan "Pengadilan Terakhir". Kesehatan Michelangelo mulai turun dan badannya sakit-sakitan. Akhirnya pada tanggal 18 Februari 1564, sang Pemahat Ulung Michelangelo Buonarroti meninggal dunia.

0 komentar:

Posting Komentar