Helen Keller



Nama : Helen Adams Keller
TTL : Tuscumbia, Amerika Selatan / 27 Juni 1880
Ayah : Arthur Henley Keller
Ibu : Kate Adam Keller

                       Helen Keller yang lahir pada tanggal 27 Juni 1880 sejak kecil dikenal sebagai anak yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Selain itu ia juga dikenal sebagai anak yang lincah. Namun pada usia 19 bulan, ia terserang penyakit yang serius dan mengakibatkan kedua matanya buta, dan pendengarannya tidak berfungsi dengan baik/tuli. Keluarga Keller shock berat mendengar kabar buruk tersebut. Ditengah keputusasaan, keluarga Keller mengirim Helen kepada Alexander Graham Bell. Namun, Bell tidak bisa menanganinya dan menyarankan untuk mengirim Helen kepada Institusi Perkins yang dipimpin Michael Anagnos. Michael Anagnos lalu mengirim Anne Sullivan

                       Di saat pandangan pertama Anne kepada Helen, terpancar di wajah Helen bahwa ia adalah anak yang cerdas. Namun, banyak sekali masalah yang dihadapi Anne sepanjang menangani Helen. Pada awalnya, Helen sangat susah untuk diatur. Ia sangat liar dan tidak patuh kepada orang lain. Akhirnya, Anne memutuskan membawa Helen untuk tinggal sementara di rumah kecil yang berjarak 500 meter dari rumah Helen. Di sana, Helen diajari etika makan dan patuh pada orang tua.

                       Helen kembali dilatih oleh Anne tentang bahasa isyarat dan huruf Braille. Helen dimasukkan oleh Anne Sullivan dan keluarga Keller ke Sekolah Boston. Disana ia terus menimba ilmu dengan semangat. Dengan semangat menggebu-gebu, ia berusaha masuk Universitas Harvard. Akhirnya ia berhasil bersekolah di Universitas Harvard khusus putri cabang Universitas Radcliffe College. Namun datanglah berita duka atsa meninggalnya ayah Helen. Pada masa kuliah, Helen menulis buku berjudul "Kehidupan Saya" atas undangan sebuah majalah. Keinginannya untuk dapat membantu orang buta dan tuli di seluruh dunia dapat terwujud dengan cepat. Banyak sekali sumbangan yang ditujukan kepada orang buta dan tuli di seluruh dunia melalui Helen. Pada tahun 1904, Helen berhasil lulus perguruan tinggi dengan predikat Magna Cum Laude. Ia adalah orang tuna netra dan tuna rungu pertama yang berhasil lulus perguruan tinggi.

                        Setelah lulus, Helen memulai tur keliling dunia untuk membantu orang buta dan tuli lainnya. Namun, kembali datang berita duka atas meninggalnya ibunda Helen. Helen yang sangat terpukul atas kematian ibunya diberi semangat oleh Anne Sullivan. Pada Bulan Oktober 1936, Anne Sullivan yang telah menjadi guru terbaik Helen, meninggal dunia dalam usia 70 tahun.

                         1 Juni 1968, wanita agung yang seluruh hidupnya berada dalam kesunyian dan kegelapan namun gigih memperjuangkan sesama, meninggal dalam damai. Kala itu ia berusia 87 tahun

"Publik harus belajar bahwa orang buta bukanlah seorang jenius atau aneh atau idiot. Dia memiliki pikiran yang dapat diedukasi, tangan yang dapat dilatih, ambisi-ambisi yang adalah benar baginya untuk bekerja keras mewujudkannya dan adalah tugas publik untuk menolongnya menjadikan dirinya yang terbaik bagi dirinya jadi ia dapat memenangkan cahaya melalui bekerja"

1 komentar:

The spirit of Hellen Keller is my inspiration

Posting Komentar